Awalnya UN Itu Pelajarnya PKN, MAT, B.Indonesia

Awalnya UN Itu Pelajarnya PKN, MAT, B.Indonesia
ujian nasional
Awalnya UN Itu Pelajarnya PKN, MAT, B.Indonesia

Anda pasti tidak asing lagi dengan Ujian Nasional (UN). UN adalah ujian akhir yang harus diikuti oleh semua siswa SMA di Indonesia. Ujian ini menentukan apakah siswa tersebut bisa lulus atau tidak. Namun, tahukah Anda bahwa awalnya UN hanya terdiri dari pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Matematika (MAT), dan Bahasa Indonesia (B.Indonesia)? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Awal Ujian Nasional

Pada awalnya, UN diperkenalkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. UN pertama kali diterapkan pada tahun 1975, namun saat itu hanya terdiri dari satu pelajaran, yaitu PKN. Tujuannya adalah untuk menguji pengetahuan siswa tentang konstitusi dan sistem pemerintahan Indonesia.

Pada tahun 1982, pemerintah menambahkan satu pelajaran lagi, yaitu Matematika. Hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, yang dianggap sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa.

Barulah pada tahun 1994, B.Indonesia ditambahkan sebagai pelajaran ketiga dalam UN. Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang harus dikuasai oleh semua warga negara Indonesia.

Pengembangan UN

Seiring berjalannya waktu, UN mengalami banyak pengembangan. Pada tahun 2004, pemerintah menambahkan beberapa pelajaran baru dalam UN, seperti Fisika, Kimia, dan Biologi. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan siswa yang ingin melanjutkan studi di bidang ilmu pengetahuan alam.

Selain itu, pada tahun 2005, pemerintah juga menambahkan pelajaran Bahasa Inggris dalam UN. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang penting untuk dikuasai dalam era globalisasi.

Kritik Terhadap UN

Meskipun UN telah mengalami banyak pengembangan, namun ujian ini tetap menjadi kontroversial di Indonesia. Banyak pihak yang mengkritik UN, baik dari segi materi ujian maupun dari segi pelaksanaannya.

Salah satu kritik terbesar adalah bahwa UN hanya mengukur kemampuan siswa dalam menghafal dan memahami materi, bukan dalam kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, pelaksanaan UN juga dianggap tidak adil, karena banyak siswa yang tidak memiliki kesempatan yang sama dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa awalnya UN hanya terdiri dari pelajaran PKN, MAT, dan B.Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, UN mengalami banyak pengembangan dan saat ini terdiri dari banyak pelajaran. Meskipun demikian, UN tetap menjadi kontroversi.

Meskipun demikian, UN tetap menjadi kontroversial di Indonesia karena banyak kritik yang dilontarkan. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi terhadap UN agar dapat memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa dalam menghadapi ujian.

FAQ

  1. Apa itu Ujian Nasional? Ujian Nasional (UN) adalah ujian akhir yang harus diikuti oleh semua siswa SMA di Indonesia.
  2. Kapan UN pertama kali diterapkan? UN pertama kali diterapkan pada tahun 1975.
  3. Apa saja pelajaran yang awalnya diujikan dalam UN? Awalnya, UN hanya terdiri dari pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Matematika (MAT), dan Bahasa Indonesia (B.Indonesia).
  4. Mengapa UN menjadi kontroversial di Indonesia? UN menjadi kontroversial di Indonesia karena banyak kritik yang dilontarkan, baik dari segi materi ujian maupun dari segi pelaksanaannya.
  5. Apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki sistem UN di Indonesia? Perlu adanya evaluasi terhadap UN agar dapat memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa dalam menghadapi ujian.

Jangan biarkan berat badan yang berlebihan menghambatmu lagi. Daftar ke program #kelasfatloss sekarang dan mulailah perjalananmu menuju kesehatan yang lebih baik!

Yuk ikut program di Coaching Class nya. Kamu akan dapetin : MEAL PLAN, EDUKASI, HADIAH UANG TUNAI dan GARANSI.

Kelas Diet Online

Buang Lemak Cara Sehat
Kelas Basic 10 Hari
  • Ebook Resep
  • Dapatkan Mealplan dengan makan 5-6 kali
  • Online Workout
  • Menu Makan Bervariasi
  • Bimbingan team support
  • Potensi dapatkan hadiah untuk pemenang
  • Bergaransi Uang Kembali
Promo

Menu Kelas Diet Online

Siapa bilang kalau diet itu tersiksa?

Kalo ikut diet #kelasfatloss kamu ga perlu pusing lagi diet tiap hari makan apa, karena setiap hari sudah disediakan menunya dan kamu tinggal follow saja ❤️⁣⁣⁣

Ketahui Sebelum Memulai Kelas Diet Online

Kelas Fat Loss Program Diet yang paling populer, dan mudah. Tidak memerlukan diet yang sangat ketat atau olahraga berat, tetapi tetap memberikan hasil! Jika Kamu mengikuti program ini, Kamu bisa turunkan berat badan rata-rata satu hingga lima kilo per minggu tanpa mengubah pola makan Kamu secara drastis.