8 Biji-Bijian yang Rendah Karbohidrat Cocok Untuk Diet

nuts and bowl of cereals
8 Biji-Bijian yang Rendah Karbohidrat Cocok Untuk Diet

Ada beberapa rekomendasi biji-bijian rendah karbohidrat yang cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Meski rendah karbohidrat, jenis biji-bijian ini tetap mengandung nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Biji-bijian merupakan salah satu sumber karbohidrat, nutrisi yang bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh agar dapat beraktivitas.

Pilihan Biji-Bijian yang Rendah Karbohidrat

Biji-bijian sering kali menjadi pantangan makanan bagi orang yang sedang menjalani program diet, khususnya diet karbohidrat.

Beras merah

Beras merah tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Biji-bijian rendah karbohidrat yang popular untuk diet ini hanya mengandung sekitar 24 gram karbohidrat dalam tiap 100 gram-nya.

Oat

Oat termasuk jenis biji-bijian yang populer untuk mengontrol berat badan. Dalam satu cangkir oat yang sudah matang, terdapat kurang lebih110 kalori, 8 gram serat, dan 21 gram karbohidrat. Jenis oat yang rendah karbohidrat adalah rolled oat, bukan instant oat yang justru memiliki kadar karbohidrat yang tinggi.

Quinoa

Dalam 1 cangkir atau sekitar quinoa, hanya tersimpan sekitar 34 gram karbohidrat. Quinoa juga mengandung 9 asam amino esensial yang berfungsi untuk pembentukan jaringan otot, tulang, kulit, serta darah di dalam tubuh.

Jagung

Jagung termasuk salah satu jenis biji-bijian rendah karbohidrat dan kalori. Dalam 100 gram jagung, hanya terkandung 95 kalori dan sekitar 20 gram karbohidrat. Selain itu, jagung kaya akan serat, antioksidan, vitamin B, magnesium, folat, dan fosfor.

Barley

Barley atau jelai merupakan jenis biji-bijian yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat. Dalam satu cangkir atau sekitar 150 gram barley matang, terdapat sekitar 6 gram serat dan 38 gram karbohidrat.

Bulgur

Bulgur atau yang juga dikenal dengan ala merupakan jenis biji-bijian utuh yang terbuat dari gandum. Bulgur sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Timur Tengah dan Mediterania sebagai bahan makanan yang bermanfaat baik bagi kesehatan.

Flax seed

Flax seed atau biji rami rendah karbohidrat, tapi kaya akan serat dan beragam nutrisi. Dalam 1 cup atau sekitar 150 gram flax seed, terkandung 45 gram karbohidrat dan 40 gram serat.

Chia seed

Jenis biji-bijian lainnya yang rendah karbohidrat adalah chia seed. Karbohidrat dalam 100 gram chia seed hanya sebanyak 42 gram. Makanan yang dikenal sebagai superfood ini juga menyimpan protein, asam lemak omega-3, serta beragam vitamin dan mineral.

Chia seed adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjaga berat badan ideal. Selain itu, biji-bijian ini baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit dan mengontrol kadar gula darah.

Jangan biarkan berat badan yang berlebihan menghambatmu lagi. Daftar ke program #kelasfatloss sekarang dan mulailah perjalananmu menuju kesehatan yang lebih baik!

Yuk ikut program di Coaching Class nya. Kamu akan dapetin : MEAL PLAN, EDUKASI, HADIAH UANG TUNAI dan GARANSI.

Kelas Diet Online

Buang Lemak Cara Sehat
Kelas Basic 10 Hari
  • Ebook Resep
  • Dapatkan Mealplan dengan makan 5-6 kali
  • Online Workout
  • Menu Makan Bervariasi
  • Bimbingan team support
  • Potensi dapatkan hadiah untuk pemenang
  • Bergaransi Uang Kembali
Promo

Menu Kelas Diet Online

Siapa bilang kalau diet itu tersiksa?

Kalo ikut diet #kelasfatloss kamu ga perlu pusing lagi diet tiap hari makan apa, karena setiap hari sudah disediakan menunya dan kamu tinggal follow saja ❤️⁣⁣⁣

Ketahui Sebelum Memulai Kelas Diet Online

Kelas Fat Loss Program Diet yang paling populer, dan mudah. Tidak memerlukan diet yang sangat ketat atau olahraga berat, tetapi tetap memberikan hasil! Jika Kamu mengikuti program ini, Kamu bisa turunkan berat badan rata-rata satu hingga lima kilo per minggu tanpa mengubah pola makan Kamu secara drastis.