Efek Samping Beras Merah Jika Dikonsumsi Berlebihan

Efek Samping Beras Merah Jika Dikonsumsi Berlebihan

Efek Samping Beras Merah Jika Dikonsumsi Berlebihan. Nasi beras merah dinilai lebih sehat karena kaya kandungan serat. Seperempat cangkir beras merah mengandung 2 gram serat. Artinya, kamu sudah bisa memenuhi 8 persen kebutuhan serat harian saat mengonsumsi nasi merah dengan takaran tersebut.
Karenanya, nasi bertekstur agak kasar ini sering digunakan saat menjalani diet penurunan berat badan. Selain itu, nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bisa membantu mengendalikan gula darah pengidap diabetes.

Penyebab Perut Kembung Setelah Mengonsumsi Karbohidrat

Nasi beras merah adalah sumber serat yang baik. Nasi merah bisa memudahkan pergerakan usus sehingga melancarkan pencernaan.
Meski begitu, nasi merah tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Sakit Perut

Selai bikin kembung, keburukan beras merah lainnya bisa menyebabkan sakit perut apabila dikonsumsi berlebihan.

Reaksi Alergi

Bagi pengidap alergi, beras merah mungkin bisa bikin alergi kamu kambuh. Meski begitu, beras merah tidak menimbulkan reaksi alergi yang parah.

Merusak Jaringan Otak

Beras merah yang dibudidayakan dekat area pertambangan, seperti pembakaran batu bara, berisiko terkontaminasi limbah industri. Beras merah tersebut mungkin saja mengandung arsenik di dalamnya. Arsenik bisa merusak jaringan otak manusia.
Hanya saja, menurut dr. Atika, kasus kerusakan otak akibat beras merah yang terkontaminasi arsenik sangat jarang terjadi.

Sulit Menaikkan Berat Badan

Ingin menambah berat badan untuk mencapai indeks massa tubuh yang tepat? Jika ya, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi nasi beras merah.

Obesitas

“Kalau makan nasi beras merah terlalu banyak, kandungan karbohidrat yang masuk ke tubuh bisa berlebihan. Hal ini bisa meningkatkan risiko kegemukan maupun obesitas,” ucap dr. Atika.
Meski begitu, dr. Atika menegaskan kegemukan hanya bisa terjadi ketika nasi beras merah dikonsumsi terlalu banyak.

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus mengenai porsi nasi beras merah yang ideal dan aman dikonsumsi. Namun, menurut dr. Atika, kamu tetap perlu menyesuaikan takaran konsumsi nasi beras merah dengan kebutuhan kalori sehari-hari.

Untuk menghindari efek samping beras merah, #JagaSehatmu dengan mengonsumsi jenis karbohidrat ini bersama lauk yang sehat dan bergizi seimbang. Contoh lauk yang dimaksud, seperti sayur, ikan, telur, dan sebagainya. Tak lupa, berolahragalah secara rutin agar sistem pencernaan tetap lancar.

Jangan biarkan berat badan yang berlebihan menghambatmu lagi. Daftar ke program #kelasfatloss sekarang dan mulailah perjalananmu menuju kesehatan yang lebih baik!

Yuk ikut program di Coaching Class nya. Kamu akan dapetin : MEAL PLAN, EDUKASI, HADIAH UANG TUNAI dan GARANSI.

Kelas Diet Online

Buang Lemak Cara Sehat
Kelas Basic 10 Hari
  • Ebook Resep
  • Dapatkan Mealplan dengan makan 5-6 kali
  • Online Workout
  • Menu Makan Bervariasi
  • Bimbingan team support
  • Potensi dapatkan hadiah untuk pemenang
  • Bergaransi Uang Kembali
Promo

Menu Kelas Diet Online

Siapa bilang kalau diet itu tersiksa?

Kalo ikut diet #kelasfatloss kamu ga perlu pusing lagi diet tiap hari makan apa, karena setiap hari sudah disediakan menunya dan kamu tinggal follow saja ❤️⁣⁣⁣

Ketahui Sebelum Memulai Kelas Diet Online

Kelas Fat Loss Program Diet yang paling populer, dan mudah. Tidak memerlukan diet yang sangat ketat atau olahraga berat, tetapi tetap memberikan hasil! Jika Kamu mengikuti program ini, Kamu bisa turunkan berat badan rata-rata satu hingga lima kilo per minggu tanpa mengubah pola makan Kamu secara drastis.