3 Manfaat Kentang untuk Diet

yellow fruit on brown wooden table
3 Manfaat Kentang untuk Diet

Masih banyak orang yang mungkin belum mengetahui manfaat kentang untuk diet. Jika diolah dengan sehat, misalnya direbus atau dikukus, kentang bisa memberikan banyak nutrisi dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Kentang yang tergolong dalam starchy food atau makanan yang mengandung zat pati kini semakin banyak dihindari, khususnya oleh mereka yang sedang menajalani diet rendah karbohidrat.

Kentang juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, selenium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium. Aneka nutrisi pada kentang tersebut banyak terdapat di bagian kulitnya.

Penting untuk diingat bahwa kentang tidak mengandung lemak dan kolesterol serta rendah akan kandungan natrium atau garam alami. Hanya saja, kentang yang sudah diolah menjadi makanan ringan atau kentang goreng biasanya ditambahkan banyak garam agar terasa lebih gurih dan nikmat.

Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi kentang dengan lebih sehat, sebaiknya hindari untuk menambahkan terlalu banyak garam atau mayones.

Membatasi selera makan

Kentang, terutama yang dikonsumsi bersama kulitnya, merupakan salah satu sumber serat pangan yang baik. Kandungan serat pangan pada kentang merupakan faktor penting untuk menurunkan dan mengelola berat badan.

Meski tinggi akan karbohidrat, jenis karbohidrat pada kentang adalah karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Asupan tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan.

Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya bermanfaat untuk membatasi selera makan, kandungan serat pada kentang dapat membantu memperlancar pencernaan. Dengan demikian, Anda akan buang air besar lebih lancar dan teratur sehingga bisa tercegah dari sembelit.

Memecah nutrisi menjadi energi

Manfaat kentang untuk diet juga didapat dari kandungan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin ini berfungsi untuk memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino, sebagai bahan bakar atau sumber energi bagi tubuh.

Resep Kentang Panggang

Salah satu proses pengolahan kentang yang baik adalah dengan cara memanggangnya. Kentang dapat dipanggang di dalam oven hingga berubah warna menjadi cokelat dan garing.

Perlu diingat juga bahwa nutrisi kentang banyak terkandung pada kulitnya. Jadi saat mengolahnya, sebaiknya Anda tidak mengupas kulit kentang, agar sebagian besar nutrsinya tidak hilang.

– Rendam kentang dalam air es selama 5 menit, lalu angkat dan keringkan.

– Belah bagian atasnya hingga menjadi 4 bagian atau menjadi potongan lebih kecil.

– Masukkan kentang ke dalam mangkuk. Lumuri dengan minyak zaitun secara merata.

– Panggang dalam oven selama 15 menit.

– Balik posisi kentang. Panggang lagi selama 5 menit.

– Taburkan bumbu herbal di atas kentang.

– Panggang lagi sekitar 5 menit, hingga kentang berubah warna menjadi cokelat dan renyah.

– Santap kentang selagi hangat.

Guna memperoleh manfaat kentang untuk diet, Anda dapat mengolah kentang dengan cara lain sesuai selera. Namun, ingat untuk tetap membatasi asupan kentang agar tidak berlebihan, karena kentang tinggi akan karbohidrat.

Jangan biarkan berat badan yang berlebihan menghambatmu lagi. Daftar ke program #kelasfatloss sekarang dan mulailah perjalananmu menuju kesehatan yang lebih baik!

Yuk ikut program di Coaching Class nya. Kamu akan dapetin : MEAL PLAN, EDUKASI, HADIAH UANG TUNAI dan GARANSI.

Kelas Diet Online

Buang Lemak Cara Sehat
Kelas Basic 10 Hari
  • Ebook Resep
  • Dapatkan Mealplan dengan makan 5-6 kali
  • Online Workout
  • Menu Makan Bervariasi
  • Bimbingan team support
  • Potensi dapatkan hadiah untuk pemenang
  • Bergaransi Uang Kembali
Promo

Menu Kelas Diet Online

Siapa bilang kalau diet itu tersiksa?

Kalo ikut diet #kelasfatloss kamu ga perlu pusing lagi diet tiap hari makan apa, karena setiap hari sudah disediakan menunya dan kamu tinggal follow saja ❤️⁣⁣⁣

Ketahui Sebelum Memulai Kelas Diet Online

Kelas Fat Loss Program Diet yang paling populer, dan mudah. Tidak memerlukan diet yang sangat ketat atau olahraga berat, tetapi tetap memberikan hasil! Jika Kamu mengikuti program ini, Kamu bisa turunkan berat badan rata-rata satu hingga lima kilo per minggu tanpa mengubah pola makan Kamu secara drastis.