Mengatasi Kurang Berat Badan Pada Anak

photo of toddler smiling
Mengatasi Kurang Berat Badan Pada Anak

Berat badan kurang pada anak tidak boleh disepelekan.Selain tinggi badan,berat badan merupakan salah satu indikator pertumbuhan anak.Jika berat badan anak kurang,itu artinya ia tidak mendapatkan gizi yang cukup.

Salah satu cara untuk mengetahui berat badan anak sudah ideal atau belum adalah dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat.Di dalam kartu tersebut terdapat garis hitam,merah,dan hijau untuk menandai pertumbuhan anak.

Pemeriksaaan Tanda-Tanda Berat Badan Kurang pada Anak

Berat badan kurang pada anak sebenarnya bisa dikenali dengan melihat kondisi fisiknya,seperti tulang rusuk yang terlihat jelas ketika ia tidak mengenakan pakaian,mudah lelah,serta gampang sakit akibat penurunan sistem kekebalan tubuh.

Memeriksa data pertumbuhan anak

Dokter akan memeriksa data pertumbuhan anak,mulai dari berat badan,tinggi badan,usia,dan jenis kelamin untuk dimasukkan ke tabel growth chart atau menghitung indeks massa tubuh anak.

Mencari tahu asupan nutrisi anak

Setelah mendapatkan data pertumbuhan anak,dokter selanjutnya akan mencari informasi mengenai asupan makanan yang dikonsumsi anak selama ini.Pengumpulan informasi ini dilakukan dengan panduan piramid makanan untuk mempermudah pengelompokkan makanan yang disukai dan tidak disukai olehnya.

Melakukan pemeriksaan fisik

Dalam beberapa kasus,dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium guna mengetahui penyebab berat badan kurang pada anak.

Menyediakan asupan kalori yang cukup untuk anak

Jika berat badan kurang pada anak tidak disebabkan oleh kondisi medis tertentu,orang tua dapat memberikan asupan kalori yang cukup.Kalori merupakan salah satu nutrisi yang perlu dikonsumsi anak untuk meningkatan berat badannya.

Memberi makan anak beberapa kali dalam sehari

Meningkatkan berat badan anak juga bisa dilakukan dengan rutin memberinya makan beberapa kali dalam sehari.Orang tua tidak perlu mengikuti acuan jadwal makan pagi,siang,dan sore untuk memberikan makanan kepada anak.

Mengajak anak untuk olahraga secara teratur

Anak yang sedang menjalani program peningkatan berat badan jangan dibiarkan untuk bermalas-malasan.Orang tua harus mengajak mereka untuk rutin berolahraga.

Menghindari memberikan anak terlalu banyak air

Agar program peningkatan berat badan anak berjalan lebih optimal,hindari memberikannya air terlalu banyak agar ia tidak merasa cepat kenyang.

Jangan biarkan berat badan yang berlebihan menghambatmu lagi. Daftar ke program #kelasfatloss sekarang dan mulailah perjalananmu menuju kesehatan yang lebih baik!

Yuk ikut program di Coaching Class nya. Kamu akan dapetin : MEAL PLAN, EDUKASI, HADIAH UANG TUNAI dan GARANSI.

Kelas Diet Online

Buang Lemak Cara Sehat
Kelas Basic 10 Hari
  • Ebook Resep
  • Dapatkan Mealplan dengan makan 5-6 kali
  • Online Workout
  • Menu Makan Bervariasi
  • Bimbingan team support
  • Potensi dapatkan hadiah untuk pemenang
  • Bergaransi Uang Kembali
Promo

Menu Kelas Diet Online

Siapa bilang kalau diet itu tersiksa?

Kalo ikut diet #kelasfatloss kamu ga perlu pusing lagi diet tiap hari makan apa, karena setiap hari sudah disediakan menunya dan kamu tinggal follow saja ❤️⁣⁣⁣

Ketahui Sebelum Memulai Kelas Diet Online

Kelas Fat Loss Program Diet yang paling populer, dan mudah. Tidak memerlukan diet yang sangat ketat atau olahraga berat, tetapi tetap memberikan hasil! Jika Kamu mengikuti program ini, Kamu bisa turunkan berat badan rata-rata satu hingga lima kilo per minggu tanpa mengubah pola makan Kamu secara drastis.